Bank Jago vs Jenius

BukuKas – Saat ini bank digital di Indonesia sedang banyak dipilih masyarakat untuk menabung karena memiliki keunggulan lebih praktis dan fleksibel. Saat ini ada 2 bank digital yang paling banyak digunakan yaitu Bank Jago dan Jenius. Tetapi sebelum memilih salah satu bank digital tersebut, tidak ada salahnya mengetahui manakan antara Bank Jago VS Jenius yang lebih bagus?

Baca Juga: Perbedaan Bukti Transfer BCA Palsu dan Asli

Tentang Bank Jago dan Jenius

Bank Jago merupakan sebuah aplikasi bank digital yang dimiliki oleh PT Bank Jago Tbk yang pertama kali diluncurkan di tahun 2021. Awalnya bank digital ini adalah bank konvensional yang bernama Bank Artos milik PT Bank Artos Indonesia.

Kemudian di tahun PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia dan Wealth Track Technology Ltd mengakuisisi Bank Artos. Kemudian di tahun 2020 perusahan ini berganti nama menjadi PT Bank Artos Indonesia Tbk.

Dengan hadirnya aplikasi Bank Jago ini, nasabah jadi lebih mudah dalam mengelola keuangan. Selain terdapat tabungan konvensional, Bank Jago juga sudah memiliki layanan berbasis Syariah.

Sedangkan Jenius  merupakan sebuah aplikasi bank digital yang dimiliki oleh BTPN, dan ini merupakan pelopor dari bank digital yang ada di Indonesia. Sampai saat ini Jenius masih menjadi aplikasi ank digital yang paling banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi bank digital ini menarwarkan kemudahan dalam transaksi pembayaran dan menabung.

Baca Juga: Cara Buka Rekening Blu by BCA

Fitur Bank Jago vs Jenius Manakah Yang Lebih Unggul?

Sebelum memutuskan akan menggunakan Bank Jago atau Jenius, pastinya kamu akan mempertimbangkan fitur bank Jago vs Jenius manakah yang lebih unggul. Walaupun keduanya sama-sama merupakan bank digital, pastinya ada beberap fitur yang berbeda dan menjadi daya tarik bagi calon nasabahnya.

Fitur Transaksi

Fitur transaksi antara bank Jago dan Jenius memiliki perbedaan, dimana untuk Jenius penggunanya bisa menikmati transaksi menggunakan fitur $Cashtag untuk melakukan transfer ke sesama pengguna Jenius atau top up saldo. Sedangkan untuk Bank Jago transaksi menggunakan nomor ID untuk melakukan transfer ke sesama pengguna.

Fitur Pengelolaan Keuangan

Untuk kedua bank digital ini memiliki fitur pengelolaan keuangan yang mirip. Pengguna bisa mengatur dan mengelola anggaran keuangan sesuai dengan periode yang dinginkan. Jadi kamu bisa memisahkan anggaran keuangan untuk menabung, biaya sekolah anak, beli rumah, beli kendaraan, atau liburan.

Fitur pengelolaan keuangan ini sangat membantu pengguna agar bisa mengelola dan mengetahui kebutuhan setiap bulannya dengan lebih jelas.

Fitur Tabungan

Dari fitur tabungan Bank Jago vs Jenius lebih unggul mana? Fitur tabungan jenius memiliki 3 pilihan yaitu Flesi Saver yang bisa digunakan untuk menabung secara fleksibel, sehingga bisa setor dan tarik tunai kapanpun. Dream Saver digunakan untuk menabung dengan cara autodebit dengan jumah setoran dan periode yang bisa disesuaikan sendiri. Dan ada Maxi Saver yang merupakan deposito berjangka yan dimana setoran, tenor dan metode perpanjangan bisa ditentukan sendiri.

Untuk bank Jago terdapat fitur tabungan yang bisa membuat rekening tabungan berbeda sebanyak yang kamu inginkan. Untuk fitur tabungan di Bank Jago yang bisa digunakan ada fitur Keuangan Bersama dan Request Money. Di Bank Jago juga terdapat fitur Pay Me yang bisa digunakan untuk menagih hutang melalui aplikasi.

Kartu Debit dan Kartu Kredit

Selain menabung tentunya kita menabung di bank ingin memiliki kartu debit dan kartu kredit virtual. Lalu bagaimana bank Jago vs Jenius lebih unggul mana di fitur satu ini?

Kedua aplikasi bank digital ini memiliki fitur kartu debit dan kartu kredit yang bisa digunakan untuk transaksi perbankan pada umumnya. Untuk bank Jago, kartu debit dan kartu kredit memiliki logo Visa yang bisa diguanakan untuk transaksi di luar negeri serta bisa digunakan di Atm Bersama dan mesin EDC. Sedangkan untuk aplikasi Jenius memiliki kartu Debit dengan logo GPN.

Fitur Paylater

Ketika berbicara fitur paylater, maka antara bank Jago vs Jenius, disini dimenangkan oleh Jenius. Karena Jenius telah memiliki fitur paylater yang bisa digunakan nasabahnya untuk belanja sekarang bayar nanti. Fitur paylater Jenius ini bisa juga digunakan dengan metode QRIS. Fitur paylater Jenius ini bisa digunakan secara online dan offline.

Sedangkan Bank Jago masih belum memiliki fitur paylater. Untuk fitur paylater Bank Jago saat ini hanya bisa digunakan di aplikasi yang terafiliasi dengan GOTO Group.

Fitur Investasi

Untuk fitur investasi bank Jago vs Jenius, keduanya memiliki fitur investasi yang berbeda. Dimana Jenius menawarkan investasi dalam bentuk reksa dana yang bisa langsung diakses di aplikasi. Sedangkan bank Jago ada fitur reksa dana tetapi harus melalui aplikasi mitra seperti Stockbit atau Bibit.

Persamaan Bank Jago dan Jenius

Setelah membahas tentang fitur bank Jago vs Jenius lebih bagus mana, selanjutnya kita bahas persamaan kedua bank digital ini. Persamaan Bank Jago dan Jenius adalah keduanya sama-sama bank digital yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan sesuai dengan keinginan penggunanya.  

Selain itu fitur tabungan, kartu debit, kartu kredit, dan investasi keduanya memiliki persamaan seperti yang telah dijelaskan diatas.

Perbedaan Bank Jago dan Jenius

Sedangkan untuk lebih jelas tentang Bank Jago dan Jenius lebih unggul mana, tentunya kita bisa lihat dari segi perbedaannya. Seperti yang telah dijelaskan diatas, perbedaan utama dari kedua bank digital ini terdapat pada fitur transaksi. Dimana Bank Jenius menggunakan $Cashtag untuk transfer ke sesama akun Jenius. Sedangkan Bank Jago untuk transfer antar akun Bank Jago menggunakan nomor ID.

Selain itu, perbedaan Bank Jago dan Jenius lainnya terdapat pada Paylater dan Pinjaman melalui Flexi Cash. Untuk fitur Pinjaman dan Paylater dimenangkan oleh Jenius, karena bank digital ini memiliki keduanya. Sedangkan bank Jago tidak memiliki fitur Pinjaman dan Paylater.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi pembahasan tentang Bank Jago vs Jenius lebih unggul mana dari segi fitur dan layanan yang dimilikinya. Silahkan kamu bisa sesuaikan bank digital mana yang akan dipilih tergantung dari kebuhuhan dan tujuan finansialmu saat ini.

Bagikan ke:

Reyhan Kusuma, mahasiswa terbaik bidang perbankan, tidak hanya cemerlang di bidang akademik, tetapi juga aktif dalam dunia digital. Dia mengelola blog keuangan yang populer di kalangan mahasiswa, di mana dia berbagi pengetahuan dan wawasannya tentang perbankan dengan gaya yang mudah dipahami. Kemampuannya dalam menggabungkan pengetahuan teoretis dengan aplikasi praktis membuatnya menjadi panutan bagi banyak mahasiswa yang ingin belajar tentang keuangan.

Tinggalkan komentar