Google Bisnisku : Cara Agar Usahamu Mudah Ditemukan di Internet

Google Bisnisku : Cara Agar Usahamu Mudah Ditemukan di Internet

Di era serba digital seperti sekarang ini, banyak orang terbiasa mencari segala sesuatu di internet, dan mesin pencari yang paling sering digunakan adalah Google. Contohnya, ketika ingin mencari tahu di mana warung atau tempat makan paling enak untuk jenis makanan tertentu ketika berada di suatu tempat, orang akan mengetiknya di kolom pencarian di Google, seperti misalkan “gudeg terenak di jogja” atau “siomay paling enak di bandung”, dan sebagainya. Demikian juga untuk mencari hal-hal lain, seperti tempat untuk berbelanja baju, tas, dan berbagai barang lainnya, karena memang Google adalah situs yang paling banyak dikunjungi pengguna internet. Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk bisa membuat bisnisnya muncul dan mudah ditemukan saat orang mengetiknya di situs ini. Artikel ini akan membahas mengenai Google Bisnisku, lengkap dengan panduannya bagi pemula.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Mengapa Eksistensi Secara Online itu Penting?

Memanfaatkan internet menjadi salah satu trik jitu membuka usaha karena bisa menjangkau calon pelanggan di area yang luas, melintasi batas wilayah kota, pulau, negara, bahkan benua. Dengan begitu, usaha kamu bisa lebih cepat dikenal orang dibandingkan dengan membuka bisnis offline saja.

Untuk membuat suatu usaha ‘hadir’ di jagat maya dan dikenal oleh banyak pengguna internet, banyak cara yang dapat ditempuh, diantaranya dengan membuat website, akun di media sosial, atau membuka lapak di berbagai marketplace.

Salah satu cara yang paling efektif untuk membuat bisnis kamu mudah dikenal secara luas adalah dengan mendaftar di Google Bisnisku. Dengan demikian, kamu akan berpeluang untuk meraih keuntungan yang lebih besar. Tidak perlu repot dan mengeluarkan biaya, karena bisa dilakukan secara gratis.

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku atau Google My Business merupakan salah satu platform Google yang ditujukan untuk membantu para pemilik usaha agar usahanya dikenal luas, karena bisa muncul di hasil pencarian pada saat pengguna internet memasukkan keyword atau kata kunci berupa nama bisnis tersebut atau yang berkaitan dengannya di Google Search.

Menurut riset dari Google, jumlah klik pada suatu situs atau website bisa bertambah sekitar 35 persen dengan bantuan Google Bisnisku. Saat membuka atau mencari suatu tempat atau situs bisnis di Google, biasanya akan muncul peta dengan alamat lengkap, di mana terdapat informasi situs website dan nomor teleponnya. Itulah hasil penerapan Google Bisnisku.

Google Bisnisku ini sudah digunakan oleh berbagai macam usaha kecil hingga perusahaan yang tersebar di seluruh dunia. Fitur ini memang dianggap sangat bermanfaat untuk kemajuan bisnis karena dapat menarik perhatian pengunjung di dunia maya, dan dengan demikian akan berdampak positif pula terhadap bisnisnya secara offline.

Pencarian terhadap suatu bisnis juga akan semakin mudah dengan adanya Google Bisnisku karena bisnis tersebut otomatis akan tercantum di daftar pencarian Google, dan dengan demikian akan lebih mudah ditemukan di Google Search dan Google Maps.

Mengapa Perlu Menggunakan Google Bisnisku?

Masyarakat dunia telah memasuki era pemasaran digital, dimana sebagian besar orang akan mencari informasi di internet terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, dan para pemilik usaha pun sudah beralih ke media digital dalam memasarkan produk mereka. Makanya, di situlah pentingnya pemilik usaha menggunakan Google Bisnisku untuk memajukan usahanya.

Google Bisnisku ini bisa dibilang sebagai upaya Google dalam memberi kemudahan dan mendukung iklim digital market saat ini dan masa mendatang dengan berbagai fitur dan kemudahan yang dihadirkan melalui platform ini. Mengapa pemilik usaha perlu menggunakan Google Bisnisku? Berikut ini diantaranya :

1. Agar bisnis bisa tampil di halaman pertama Google Search

Google biasanya mengutamakan lokasi geografis dalam menampilkan hasil pencarian. Ketika kamu mengaktifkan GPS di perangkat digital kamu dan memasukkan kata kunci untuk mencari suatu tempat atau suatu produk, maka Google akan melacak di mana lokasi kamu pada saat itu dan menampilkan hasil pencarian berupa tempat di sekitarmu pada halaman pertamanya. Suatu bisnis dapat tampil di halaman pertama di hasil pencarian ini dengan mengoptimalkan penggunaan fitur-fitur dalam Google Bisnisku.

2. Agar bisnis muncul di Google Maps

Selain muncul di halaman pertama saat pengguna internet mengetik nama bisnis kamu di kolom pencarian, bisnis kamu juga akan muncul di Google Maps. Dengan demikian, pelanggan juga bisa mengatur rute dari lokasinya menuju ke lokasi kamu. Dengan demikian, pelanggan akan lebih mudah menemukan lokasi bisnis kamu.

3. Agar mudah dihubungi oleh pelanggan

Dengan mendaftar di Google Bisnis, pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan informasi kontak bisnis kamu secara akurat, baik itu nomor telepon, email, atau website resmi bisnis kamu, sesuai informasi yang kamu input ke dalam sistem pada saat melakukan proses pendaftaran.

4. Agar berpeluang untuk menarik pelanggan baru

Karena informasi bisnis kamu muncul di halaman pertama hasil pencarian, maka hal ini secara otomatis berpotensi menarik pelanggan baru. Selain itu, kamu dapat menampilkan foto-foto lokasi dan produk, menambahkan informasi mengenai jam buka, deskripsi, komentar atau testimoni pelanggan serta rating di halaman yang menampilkan profil bisnis kamu di Google Bisnisku. Dengan informasi lengkap yang dapat dengan mudah diakses, maka bisnis kamu berpeluang untuk menjaring sejumlah pelanggan baru.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Kelebihan Menggunakan Google Bisnisku

Setelah memahami pentingnya pemilik bisnis untuk mendaftar di Google Bisnisku, berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keuntungan yang bisa didapatkan jika memanfaatkan platform Google Bisnisku.

1. Dapat membangun image positif dan meningkatkan kepercayaan konsumen

Suatu bisnis yang sudah diverifikasi dengan Google Bisnisku memiliki peluang dua kali lebih banyak untuk dianggap sebagai bisnis yang memiliki reputasi baik oleh konsumen. Saat orang menemukan bisnis kamu di Google Search dan Google Maps, bisnis kamu akan lebih dipercaya.

2. Dapat mengelola informasi dari pengguna dan memanfaatkannya

Layanan platform Google Bisnisku membuat kamu bisa mengelola informasi yang dilihat oleh pengguna Google saat mereka menelusuri mengenai bisnis kamu atau produk dan jasa yang kamu tawarkan. Informasi ini tentunya bisa berguna untuk memberi ide dan wawasan baru mengenai pengembangan bisnis kedepannya.

3. Dapat berinteraksi dengan pelanggan

Karena bisnis kamu tampil di Google Search dan Google Maps, maka kamu bisa berinteraksi dengan pelanggan, misal dengan cara menjawab pertanyaan di kolom pertanyaan dan jawaban, membaca dan menanggapi langsung testimoni pelanggan, menambahkan foto-foto dan sebagainya. Informasi dari halaman resmi Google yang berjudul “Tentang Google Bisnisku” mengungkap bahwa bisnis yang menambahkan foto pada Google Bisnisku menerima permintaan petunjuk arah di Google Maps 42% lebih banyak.

4. Dapat meningkatkan kunjungan di website

Masih menurut halaman resmi Google yang berjudul “Tentang Google Bisnisku”, terungkap bahwa bisnis yang menambahkan foto pada Google Bisnisku menerima klik di situsnya 35% lebih banyak, dibandingkan bisnis yang tidak melakukannya.

5. Dapat memahami dan meningkatkan visibilitas bisnis kamu

Informasi yang terkumpul di Google Bisnisku akan memberimu pemahaman dan wawasan yang lebih luas mengenai bisnismu. Kamu juga dapat menemukan informasi cara pelanggan menelusuri dan berinteraksi dengan bisnis ini. Selain itu, kamu juga dapat mengetahui info mengenai lokasi pelanggan yang melihat bisnis kamu di Google. Kamu juga bisa melihat tindakan apa yang paling umum dilakukan pelanggan di listing kamu serta mengetahui kapan dan seberapa sering pelanggan menghubungi bisnismu.

6. Bisa berbagi informasi terbaru

Dengan memanfaatkan Google Bisnis, kamu bisa memberikan informasi terbaru yang penting mengenai produk dan berbagai tawaran menarik yang ingin kamu berikan untuk menarik pelanggan. Google Bisnis membuat kamu bisa membuat bisnismu lebih dikenal dengan membagikan informasi dan foto terbaru.

Google Bisnisku juga bisa memudahkan kamu untuk posting produk terbaru dengan menonjolkan keistimewaan dan keunikan produk kamu. Hal inilah yang nantinya bisa membantu pelanggan menemukan produk yang baru dan memikat untuk dibeli.

7. Membuat pelanggan semakin terpengaruh untuk membeli

Jika konsumen mencari dan berusaha menemukan informasi produk melalui online, hal yang terpenting adalah usahakan bisnis kamu menginspirasi dan relevan bagi mereka. Dengan menggunakan Google Bisnisku, kamu bisa memberi tawaran khusus. Semakin banyak informasi yang menonjolkan produk kamu, maka semakin berpeluang untuk dibeli.

Panduan Lengkap Mendaftar Google Bisnisku untuk Pemula

Ikuti panduan berikut ini bagi pemula yang ingin mendaftarkan usahanya di platform Google Bisnisku, lengkap dengan tampilan layar pada setiap tahapnya.

1. Mengakses laman resmi

Langkah pertama dalam mendaftar Google Bisnisku adalah dengan mengunjungi situs resmi Google Bisnisku. Di laman depan ini, kamu akan melihat kolom pendaftaran dan laman login. Klik pada menu ‘Kelola Sekarang’.

BukuKas - Google Bisnisku

2. Mencari bisnis kamu di Google Bisnisku

Pada tampilan selanjutnya, kamu akan menemukan sebuah kolom pencarian. Melalui laman tersebut, kamu bisa mencari bisnismu dengan meng-klik ‘Cari dan Kelola Bisnis Anda’. Jika kamu tidak menemukan bisnis kamu di kolom ini, maka klik ‘Tambahkan Bisnis Anda ke Google’.

BukuKas - Google Bisnisku

3. Mengisi nama bisnis kamu

Setelah memilih ‘Tambahkan Bisnis Anda ke Google’, akan muncul pertanyaan ‘Apa Nama Bisnis Anda?’, lalu memasukkan nama bisnis kamu yang ingin kamu tampilkan di Google.

BukuKas - Google Bisnisku

4. Tulis kategori bisnis yang sesuai

Isilah bagian kategori bisnis ini yang sesuai dengan kategori bisnis kamu. Ini akan memudahkan Google mengelompokkan bisnis kamu di hasil pencarian. Misalkan kategori bisnis kamu adalah ‘digital marketing’ yang berlokasi di Jakarta, maka ketika orang mencari “Jasa digital marketing di Jakarta”, informasi bisnis kamu bisa muncul di hasil pencarian tersebut.

BukuKas - Google Bisnisku

5. Melengkapi Alamat Bisnis

Selanjutnya akan muncul pertanyaan: “Apakah Anda ingin menambahkan lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan, seperti toko atau kantor?” Lokasi ini akan ditampilkan di Google Maps dan Penelusuran saat pelanggan mencari bisnis kamu. Lengkapi alamat bisnis kamu di bagian ini.

BukuKas - Google Bisnisku

6. Sesuaikan alamat di Google Maps untuk memudahkan konsumen

Setelah melengkapi alamat, sesuaikan akurasi lokasi bisnismu dengan memasukkan koordinat di Google Maps. Pastikan kamu menentukan titik lokasi yang paling tepat dengan letak toko atau alamat bisnis kamu dalam Google Maps, karena ini menjadi acuan orang akan mengunjungi bisnismu.

BukuKas - Google Bisnisku

7. Isi detail untuk website dan nomor telepon atau HP khusus untuk keperluan bisnis

JIka kamu sudah memiliki website bisnis, masukkan detailnya di bagian ini. Jika belum, kamu bisa membuatnya dengan mudah menggunakan WordPress atau Google Site. Website penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan kamu. Masukkan juga detail lain berupa nomor telepon atau HP khusus untuk keperluan bisnis, yang digunakan untuk menerima telepon dari pelanggan.

BukuKas - Google Bisnisku

8. Melakukan verifikasi Google Bisnisku

Verifikasi Google Bisnisku penting untuk melindungi bisnis kamu dari pihak tidak bertanggung jawab. Bisnis yang terverifikasi memiliki reputasi baik di mata pelanggan dibanding yang tidak. Setelah memasukkan informasi lengkap dan benar pilih verifikasi sekarang dengan mengisi nama penerima surat. Lalu klik Kirim Kartu Pos. Setelah itu tunggu surat dari Google datang ke alamat kamu. Selama proses verifikasi, kamu tidak bisa mengganti informasi yang sudah kamu input sebelumnya. Proses pengiriman surat Google berbeda-beda tergantung lokasi. Setelah mendapatkan suratnya, kamu bisa melanjutkan proses verifikasi menggunakan kode verifikasi yang terdapat dalam surat. Setelah kartu pos tiba, sempurnakan langkah verifikasi Google Bisnisku dan pilih menu verifikasi lokasi. Kemudian masukkan kode verifikasi dari surat Google. Verifikasi Google Bisnisku selesai.

BukuKas - Google Bisnisku

9. Lengkapi Profil Google Bisnisku

Setelah selesai verifikasi, kamu bisa melengkapi lagi informasi bisnis kamu. Jika saat pendaftaran kamu baru mengisi alamat bisnis, kategori bisnis, informasi kontak, dan website, maka setelah verifikasi kamu bisa menambahkan berbagai informasi pendukung. Berikut beberapa jenis informasi yang perlu kamu tambahkan :

    • Deskripsi Bisnis : Tuliskan deskripsi bisnis kamu dalam 750 karakter. Manfaatkan fitur ini untuk menjelaskan bisnis ini kepada para calon pelanggan dengan memberikan deskripsi yang singkat dan jelas.
    • Foto : Meskipun bersifat opsional, foto merupakan komponen penting dalam Google Bisnisku. Tambahkan foto kantor, perusahaan, pabrik, atau restoran kamu. Foto dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.
    • Jam Operasional : Tambahkan juga jam operasional bisnismu karena ini akan sangat membantu pelanggan untuk menentukan kapan mereka bisa datang ke tempat bisnismu, terutama bagi bisnis seperti toko, tempat makan, dan sebagainya.
    • Fasilitas : Tulis fasilitas yang kamu sediakan, tambahkan juga informasi pentingnya. Buat daftar fasilitas untuk memudahkan pelanggan memahami lebih baik.
    • Menu : Tampilan menu membantu pelanggan mengetahui apa saja produk atau jasa dalam bisnis kamu dan tertarik untuk membelinya.

Tips Mengelola Google Bisnisku

Bagaimana membuat bisnis kamu lebih dikenal secara luas dan ‘disukai’ oleh Google? Ini merupakan suatu proses yang tidak selalu mudah. Beberapa orang memilih untuk membayar jasa perusahaan agency atau perorangan untuk membuat Google Bisnisku. Dengan jasa tersebut, pemilik usaha dijanjikan bisnisnya akan masuk ke listing atau daftar Google.

Tetapi tentunya ini membutuhkan biaya yang cukup mahal, bisa sampai jutaan rupiah. Tidak semua bisnis, terlebih lagi yang masih berskala UMKM bisa mengeluarkan modal untuk membayar semahal itu. Maka, yang harus ditempuh adalah mendaftar ke Google Bisnisku secara mandiri. Untuk mengelola Google Bisnisku agar berjalan dengan baik dan reputasinya semakin meningkat, ikutilah beberapa tips berikut ini :

  • Melengkapi data profil Google Bisnisku

Jika bisnis kamu sudah muncul di hasil pencarian Google, mulailah melengkapi data-data pada profil Google Bisnisku. Data tersebut meliputi foto profil, foto interior dan eksterior bangunan/toko, foto-foto karyawan atau tim, logo, telepon, dan lain sebagainya. Tambahkan data selengkap mungkin agar para pengguna internet yang berpotensi sebagai pelanggan kamu dapat melihat gambaran bisnis kamu secara jelas

  • Rutin memposting update mengenai bisnismu

Untuk menarik minat pengguna internet, buatlah postingan mengenai bisnis kamu secara rutin. Selain profil yang lengkap, tambahkan juga informasi yang berkaitan dengan bisnis seperti promo, atau tips dan lain sebagainya. Dalam platform Google Bisnisku ini, fitur postingan akan muncul pada bisnis yang telah diverifikasi oleh Google.

  • Memanfaatkan SEO

Cobalah menggunakan fitur SEO. Hal ini dapat dilakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa ahli SEO. Untuk melakukannya, bisa dengan memanfaatkan backlink pada laman Google Plus di Google Bisnisku sehingga peringkatnya akan naik atau meningkat. Semakin tinggi peringkatnya, maka semakin baik pula reputasi Google Bisnisku, sehingga bisnis akan semakin melejit.

  • Mengajak pelanggan untuk menulis review positif

Kalau kamu sudah mendapatkan pelanggan, ajaklah mereka untuk mengunjungi halaman bisnis kamu untuk menulis review yang positif. Review dari pelanggan tak kalah penting sebagai dasar penilaian google. Review positif ini bisa berupa kesan dan pesan atau pengalaman saat mengunjungi bisnis kamu dan menggunakan produknya.

  • Mengadakan event secara aktif

Saat ini, sudah banyak sekali bisnis dari berbagai bidang yang memanfaatkan Google Bisnisku. Namun, yang akan muncul di halaman pertama pencarian Google hanya 5 hingga 10 bisnis saja. Untuk itu, kamu perlu menarik perhatian pihak Google agar bisnis kamu muncul di halaman paling depan di hasil pencarian. Salah satu caranya adalah dengan rutin membuat postingan, memanfaatkan tanda atau tag pada postingan selain bisnis itu sendiri, dan sering mengadakan event atau promosi secara aktif.

  • Tekun, konsisten dan bertanggung jawab

Terlepas dari semua hal itu, yang tidak kalah penting yaitu faktor dari dalam diri pemilik usaha itu sendiri, yaitu ketekunan, sikap konsisten dan bertanggung jawab. Jika hal ini terpenuhi, maka pemilik usaha akan lebih bersemangat dan lebih mampu berpikir positif menghadapi berbagai tantangan.

Itulah pembahasan mengenai platform Google Bisnisku, pentingnya bagi pemilik usaha, manfaatnya, cara membuatnya dan juga apa saja yang perlu dipersiapkan, hingga beberapa tips yang bermanfaat.

[appbox googleplay com.beecash.app]

2 Comments
  • kemarin udah coba daftar dan masih nunggu surat verifikasi, mudah2an aja sampe ke alamat.

    • Halo kak Dian,

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog BukuKas. Selama alamatnya benar dan sesuai kemungkinan besar pasti surat kode verifikasinya sampai dengan selamat kak. 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Ikuti terus cerita, ide, berita, dan update dari kami