10 Peluang Pekerjaan Sampingan Dikerjakan Malam Hari

Avatar

10 Peluang Pekerjaan Sampingan Dikerjakan Malam Hari

Banyak orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap, namun ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan setelah jam kerja selesai agar lebih fokus dan tidak mengganggu pekerjaan utama. Waktu yang paling memungkinkan untuk menjalankannya adalah di malam hari. Memang tidak mudah untuk bisa membagi waktu antara pekerjaan utama dengan pekerjaan sampingan, namun banyak peluang yang bisa dicoba jika mau berusaha. Tidak hanya karyawan, bahkan banyak pula mahasiswa yang menjalankan kuliah sambil bekerja karena ingin mendapatkan penghasilan sendiri. Simak artikel berikut ini mengenai berbagai peluang pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan di malam hari.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Pilihan Pekerjaan Sampingan di Malam Hari

Mencari pekerjaan sampingan demi penghasilan tambahan memang tidak selalu mudah, karena kamu harus jeli dalam melihat peluang. Jika suasananya mendukung, bekerja di malam hari juga lebih tenang dan tingkat stresnya lebih rendah dibandingkan dengan bekerja di siang hari.

Hanya saja, pengaturan waktu menjadi hal yang utama agar kegiatan lain tidak terganggu. Memang tidak mudah untuk membagi waktu bekerja. Selain itu, badan juga sudah terasa lelah di malam hari, sehingga tenaga dan pikiran tidak terlalu fit seperti halnya di pagi dan siang hari.

Tetapi, kamu pasti bisa berusaha sebaik mungkin untuk menghadapi resikonya jika memang berniat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk itu, bagi yang ingin memulai usaha atau menjalankan pekerjaan sampingan di malam hari, berikut sejumlah peluang yang bisa kamu coba.

1. Menjadi Dropshipper

Di era digital ini, berjualan secara online dinilai lebih efektif dibanding berjualan secara offline karena orang cenderung memenuhi kebutuhannya melalui internet. Ada banyak peluang berjualan online dengan berbagai cara, termasuk menjadi dropshipper.

Dengan menjadi dropshipper, kamu menjadi penghubung antara supplier dan pembeli, di mana kamu hanya perlu menawarkan produk tanpa menyimpan stok.

Ketika ada pelanggan yang akan membeli, pihak supplier akan mengirimkan barang tersebut ke alamat pembeli dengan mencantumkan nama dan alamatmu sebagai pengirimnya. Keuntungan didapatkan dari selisih harga dari supplier ke pembeli yang memesan barangnya melalui dropshipper.

Jika penjualan kamu berhasil, usaha dropship ini cukup menguntungkan, dan bisa dimulai tanpa modal sama sekali. Cukup dengan memanfaatkan perangkat mobile dan koneksi internet, lalu menawarkan barang jualan melalui media sosial, marketplace, WhatsApp dan sebagainya.

2. Menjadi Editor, Penerjemah, dan Penulis Lepas

Kerja sampingan yang satu ini cocok sekali untuk dikerjakan di rumah. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan penulis freelance untuk membuat konten di website mereka. Untuk memulai, kamu bisa mengetik “freelance writer” di mesin pencari, lalu pilihlah topik yang paling dikuasai.

Selain itu, banyaknya tulisan yang diterbitkan tentu saja membuka peluang untuk menekuni pekerjaan sampingan sebagai editor. Jika memungkinkan, pilihlah topik yang kamu sukai agar tulisan yang kamu kerjakan atau sunting hasilnya lebih memuaskan.

Apabila kamu memiliki keahlian dalam menggunakan bahasa asing, jasa penerjemah merupakan pilihan yang bisa dipertimbangkan. Pekerjaan yang satu ini bisa dilakukan hanya dengan modal laptop atau komputer serta koneksi internet saja.

Layanan penerjemah freelance ini bisa berupa translate dokumen kantor, surat kerjasama, makalah, berita, jurnal, artikel, atau tugas sekalipun. Untuk melakukan pekerjaan ini tidak harus selalu lulusan atau orang yang memiliki latar belakang jurnalistik. Kamu bisa memanfaatkan bakat menulis dan pandanganmu untuk suatu hal.

Biasanya setiap perusahaan atau media online membuka kesempatan untuk penulis dari luar berkontribusi di websitenya. Jadi kamu harus pintar-pintar mencari informasi tentang bagaimana cara pendaftaran hingga seleksi dilakukan. Menjadi penulis lepas pendapat yang dihasilkan bisa ratusan ribu per harinya.

3. Menjadi Desainer Grafis

Untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, peluang bisnis yang satu ini jangan sampai dilewatkan. Kamu bisa menawarkan jasa kamu secara online dan mengerjakan pekerjaan ini di malam hari.

Jasa desain yang populer biasanya berupa kartu nama, logo, baju, maskot, poster, banner, tag untuk suatu produk, kemasan, brosur, katalog produk dan sebagainya.

Selain itu, bisnis yang satu ini juga tidak memerlukan modal, cukup koneksi internet dan laptop atau komputer yang bisa mendukung semua keperluan desain grafis yang dilengkapi dengan software untuk mendesain.

4. Memberi Feedback untuk Website Baru

Era digital membuka banyak lahan pekerjaan baru, termasuk yang satu ini. Pekerjaan ini sudah tidak asing lagi untuk para freelancer. Dengan modal laptop dan koneksi internet, kamu sudah bisa menekuni pekerjaan sampingan ini, yaitu memberikan feedback untuk website baru.

Website yang masih baru yang membutuhkan banyak feedback. Siapapun bisa menjadi jasa pemberi feedback untuk mereka dan mengumpulkan rupiah sedikit demi sedikit. Jumlah bayaran yang didapat tergantung dari berapa akun yang bisa kamu buat. Pasalnya, semakin banyak akun yang dibuat, semakin banyak juga feedback positif yang didapat oleh website yang menggunakan jasa kamu.

5. Bekerja Paruh Waktu di Kedai Kopi

Berbagai minuman kopi saat ini banyak digemari masyarakat, mulai dari yang dibuat oleh usaha lokal hingga produk franchise terkenal. Menjamurnya bisnis minuman kopi kekinian bisa dijadikan ladang bagi kamu untuk mendapatkan uang tambahan.

Caranya adalah dengan bekerja secara part time di kedai kopi, misalkan sebagai barista. Untuk menjadi seorang barista memang tidak sembarangan, kamu harus belajar agar bisa mahir meracik minuman kopi sehingga menciptakan rasa yang menggugah selera. Banyak juga lowongan yang tersedia secara online untuk jenis pekerjaan ini.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

6. Bergabung dengan Jasa Transportasi Online

Banyak orang yang menginginkan segala sesuatu yang serba praktis dan cepat, termasuk dalam membeli makanan, berbelanja, atau mengirimkan barang. Semua layanan ini tersedia di platform transportasi online, dan kamu bisa memanfaatkan peluang kerja ini dengan bergabung sebagai mitra di perusahaan transportasi online tersebut.

Kamu bisa menjadi pengantar barang atau pembeli makanan. Melalui platform tersebut, kamu tidak perlu repot-repot mencari orang yang membutuhkan jasa kamu. Modal yang kamu butuhkan hanyalah sepeda motor dan surat-surat lengkapnya.

Keunggulan dari kerja sampingan ini adalah kamu bisa melakukannya kapan saja atau ketika ada waktu luang, dan bisa sangat fleksibel. Kamu bisa melakukan ini sehabis pulang kuliah atau kerja di malam hari. Waktu malam hari lebih berpeluang karena kompetitor lebih sedikit tetapi permintaan pelanggan tetap tinggi.

7. Mengelola Blog

Mengelola blog bisa dijadikan pilihan pekerjaan sampingan untuk dilakukan di malam hari. Dalam mengelola blog ini kamu tidak sekadar menulis konten di blog sebagai hobi, tetapi bisa juga menulis untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog kamu setiap hari.

Jika blog yang kamu kelola ini ramai pembaca, maka banner di blog kamu ini bisa jadi media iklan. Dengan demikian, kamu pun bisa mendapatkan uang dari Google Adsense, dan kamu bisa menerapkan postingan berbayar bagi yang mau bekerja sama.

8. Menjadi Customer Service dan Admin Medsos

Menjadi customer service tak selamanya harus datang dan bekerja di kantor. Beberapa bisnis atau perusahaan ada yang membutuhkan customer service untuk melayani panggilan di malam hari. Jika kamu bisa menemukan lowongan ini maka beruntunglah kamu sudah bisa mendapat pemasukan lebih dengan hanya duduk di kamar pada malam hari dan melayani pelanggan.

Kamu juga bisa mencari pekerjaan sebagai admin media sosial untuk suatu usaha atau bisnis online tertentu dengan melayani pertanyaan dan pesanan dari pelanggan. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan sebagai sampingan setelah kamu menyelesaikan pekerjaan utama hari itu.

9. Menjual Foto secara Online

Kerja sampingan yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki hobi fotografi, dimana kamu bisa menghasilkan uang dari hasil jepretan kamu. Ada beberapa situs yang memang dibuat untuk menjembatani fotografer dengan pihak yang membutuhkan foto.
Situs jual-beli foto ini contohnya adalah iStock dan Shutterstock yang bisa kamu coba sebagai platform untuk menjual foto-fotomu. Namun, tentunya tidak semua foto bisa dijual begitu saja. Hasil foto yang ditawarkan haruslah berkualitas, berkarakter dan memang layak untuk dijual.

10. Menjadi Pengajar Les

Jika kamu memiliki keterampilan untuk mengajar dalam bidang tertentu, misalkan musik, olahraga ataupun mata pelajaran tertentu untuk siswa sekolah dasar dan menengah, tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai penghasilan tambahan.

Untuk musik, kamu bisa bekerja pada lembaga kursus musik untuk mengajarkan cara bermain instrumen musik tertentu. Di bidang olahraga, ada beberapa pilihan bidang olahraga yang bisa dijadikan ladang penghasilan. Sedangkan untuk mata pelajaran, kamu bisa menjalankannya secara mandiri dengan menjadi pengajar les privat, maupun bergabung dengan perusahaan penyedia jasa bimbingan belajar.

Saat ini sudah banyak pula bimbingan belajar yang dilakukan secara online, dimana para pengajarnya adalah pekerja paruh waktu. Kamu bisa mencoba mencari peluang untuk menjadi pengajar di bidang yang kamu kuasai.

Tips Menjalankan Pekerjaan Sampingan di Malam Hari

1. Pandai Mengatur Waktu

Menjalankan dua pekerjaan sekaligus, pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan, memang tidak mudah. Kuncinya adalah kemampuan diri sendiri untuk mengatur waktu. Pekerjaan tetap tentunya sudah memiliki jam kerja yang jelas, dari pagi hingga sore hari. Sebisa mungkin luangkan waktu sejenak untuk beristirahat di sore hari sebelum mulai berkutat dengan pekerjaan sampingan di malam harinya. Pekerjaan sampingan bisa jadi memang lebih fleksibel waktunya, tetapi tetaplah disiplin dengan waktu sehingga semua pekerjaan selesai tepat pada waktunya.

2. Jaga Kesehatan

Selain mengatur waktu, menjaga kesehatan juga penting. Bekerja dari pagi hingga malam tentunya membutuhkan stamina dan daya tahan tubuh yang baik agar tidak mudah sakit. Kamu tidak akan mampu bekerja secara maksimal dan produktif jika kamu dalam kondisi tidak sehat. Usahakan untuk selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, suplemen, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Tidak hanya fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga. Usahakan untuk selalu bisa mengelola stres, memilah hal-hal yang perlu dipikirkan. Fokus pada segala sesuatu yang positif, dan menjauhkan pikiran dari hal yang negatif.

3. Tentukan Prioritas

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan menuntut kita untuk bisa menentukan prioritas, dengan mendahulukan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih mendesak deadline-nya. Gunakan planner atau organizer, baik secara tertulis maupun digital, untuk mempermudah kamu menyusun prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Prioritas bisa disusun secara berkala, baik itu harian, mingguan dan seterusnya.

4. Tetap Fokus dan Penuhi Target Penyelesaian

Mengerjakan dua pekerjaan sekaligus, terlebih lagi jika bidang pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan berbeda, tentunya membutuhkan pikiran yang fokus. Di saat jam kerja, kesampingkan dulu urusan pekerjaan sampingan, begitu pula sebaliknya. Kesampingkan juga urusan lain di luar pekerjaan yang bisa membuang waktu dan mengganggu konsentrasi.

Dengan demikian, semua target penyelesaian bisa tercapai, baik itu dalam pekerjaan utama dari perusahaan atau instansi tertentu, maupun pekerjaan sampingan yang dikerjakan pada malam hari.

5. Beri Waktu Tambahan Saat Akhir Pekan

Akhir pekan memang waktu yang berharga untuk melepaskan kepenatan dan melupakan sejenak urusan pekerjaan, dengan cara melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama orang-orang terdekat. Tetapi, jika kamu memiliki pekerjaan sampingan, mungkin ada saatnya kamu harus mengorbankan sebagian waktu akhir pekanmu untuk mengerjakan pekerjaan sampingan, sebab di akhir pekan kamu tidak perlu mengerjakan pekerjaan utama, sehingga kamu punya waktu yang lebih leluasa.

Itulah berbagai peluang pekerjaan sampingan di malam hari yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan tambahan beberapa tips agar bisa menjalankan keduanya dengan selaras. Semoga bermanfaat ya.

[appbox googleplay com.beecash.app]

1 Comment
Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Ikuti terus cerita, ide, berita, dan update dari kami