10 Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

10 Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Karyawan

Usaha sampingan berarti usaha yang dijalankan di luar pekerjaan utama, dengan tujuan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Usaha sampingan bisa dilakukan oleh siapa saja yang sudah memiliki pekerjaan utama. Berstatus sebagai pegawai full-time di suatu perusahaan atau instansi tidaklah menjadi penghalang bagi siapapun untuk memiliki usaha sampingan, asalkan dilakukan di luar jam pekerjaan utama dan tentunya tidak mempengaruhi pekerjaan utama tersebut. Banyak karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji yang sudah didapat, tetapi masih ragu untuk memulai usaha sampingan karena berbagai kendala, termasuk modal. Sebenarnya banyak usaha sampingan yang bisa dirintis hanya dengan modal kecil (di bawah Rp 10 juta). Artikel ini akan membahas berbagai ide usaha sampingan buat kamu yang ingin punya pendapatan extra setiap bulan, dengan modal kecil tetapi bisa mendapatkan keuntungan.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Manfaat Usaha Sampingan

Karena dijalankan sambil tetap menekuni pekerjaan utama, usaha sampingan memang membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran extra, sehingga waktu untuk bersantai dan beristirahat menjadi berkurang setiap harinya.

Tetapi di luar resiko tersebut, memiliki usaha sampingan layak untuk ditekuni karena membawa banyak manfaat untuk keuangan pribadi. Kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan. Mendapatkan penghasilan tambahan berarti meningkatkan kesejahteraan secara finansial, dan menjalankan usaha sampingan ini adalah salah satu cara untuk mewujudkannya.

Misalkan kamu ingin memiliki rumah impian tetapi gaji dari pekerjaan utama kamu masih pas-pasan, sehingga kamu belum bisa menabung. Mengharapkan kenaikan gaji dari perusahaan atau instansi tempatmu bekerja belum tentu terpenuhi, bahkan dalam jangka waktu 1 hingga 2 tahun. Nah, salah satu strategi untuk mewujudkan impian ini adalah dengan mencari penghasilan tambahan melalui usaha sampingan.

Melakukan pekerjaan tambahan juga melatih kamu untuk bisa mengatur waktu, mempelajari banyak hal baru di luar pekerjaan utama dan mengembangkan kemampuan tertentu. Hal ini secara tidak langsung akan menambah portofolio dan melengkapi CV. Semua hal tersebut pada akhirnya akan memperkaya pengalaman dan meningkatkan berbagai kemampuan secara pribadi.

Jika kamu masih punya waktu luang dan memang ingin mendapat penghasilan di luar gaji, maka gunakanlah waktu luang tersebut secara produktif dengan mencari peluang usaha sampingan. Mulailah dengan usaha sampingan yang simpel dan mudah dijalankan, sehingga kamu tidak terlalu kewalahan dan tidak mengganggu pekerjaan utama. Kalau saat ini kamu masih berstatus sebagai karyawan, cari tahu dulu bagaimana aturan di perusahaan tempatmu bekerja mengenai usaha atau pekerjaan sampingan.

Kendala Modal dalam Memulai Usaha Sampingan

Melakukan bisnis sampingan bagi seorang karyawan adalah sesuatu yang wajar dan biasanya tidak dilarang oleh perusahaan, asalkan tidak mengganggu kinerja karyawan yang bersangkutan. Banyak yang ingin memulainya tetapi masih tertunda dengan alasan modal, karena mereka berpikir bahwa untuk memulai suatu usaha membutuhkan modal yang cukup besar.

Sebenarnya pemikiran seperti ini tidak sepenuhnya benar, karena untuk bisa memulai dan menjalankan sebuah usaha, tidak selalu dibutuhkan modal yang besar. Dengan modal kecil saja, banyak ide bisnis sampingan yang bisa dicoba, asalkan dimulai dengan tekad yang kuat untuk menjalaninya dengan konsisten.

Resiko dan tantangan pasti selalu ada, tetapi bisa dihadapi dengan berbagai upaya. Banyak kisah sukses para pengusaha besar yang berawal dari usaha sampingan yang justru menjadi sebuah usaha yang dapat diandalkan untuk jangka panjang, bahkan menghasilkan pendapatan yang lebih besar ketimbang gaji bulanan.

Ingin tahu lebih banyak mengenai usaha sampingan dengan modal kecil namun bisa mendatangkan keuntungan? Berikut ini adalah 10 ide usaha sampingan yang bisa kamu coba.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Ide Usaha Sampingan Modal Kecil dan Menjanjikan

1. Menjalankan Usaha Makanan (Delivery Order)

Usaha makanan sepertinya selalu menggiurkan, karena berpotensi mendatangkan pelanggan setiap hari. Kalau kamu punya orang-orang terdekat yang pandai memasak makanan tertentu, terlebih yang unik, kreatif, dan banyak disukai orang, ajaklah untuk bekerja sama menjalankan usaha jualan makanan dengan konsep pesan antar atau delivery order. 

Kamu juga bisa bekerjasama dengan saudara, teman, atau siapapun yang membuat produk-produk  makanan yang layak dijual, misalkan berbagai frozen food yang kekinian.  

Selain menawarkan kepada teman kantormu, agar jangkauan pelanggan lebih luas, kamu bisa memanfaatkan jasa transportasi online dengan mendaftarkan ‘warung’ kamu di aplikasi mobile perusahaan tersebut. Kamu juga bisa berpromosi lewat media sosial, WhatsApp, dan sebagainya. 

Dengan menjalankan usaha semacam ini, kamu tidak akan terlalu repot untuk membagi waktu dengan pekerjaan utama karena kamu tidak membuat sendiri makanan tersebut dan hanya menjualnya saja, tetapi pastinya kamu akan dapat keuntungan. Kamu juga tak perlu menyewa tempat karena hanya melayani pesan antar.

2. Membuka Online Shop

Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini, orang lebih memilih untuk berbelanja di online shop ketimbang pergi sendiri atau datang langsung ke toko, karena lebih mudah dan praktis. Gaya berbelanja masyarakat sekarang yang mulai bergeser dari offline ke online. Bisnis online sudah marak dan jadi tren di tengah masyarakat dengan bermunculan toko online yang menyuguhkan aneka barang menarik dengan promo.

Peluang ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang sudah punya pekerjaan utama sebagai karyawan untuk memulai bisnis sampingan. Banyak jenis produk yang bisa dijual secara online, seperti makanan, pakaian, kosmetik, peralatan rumah tangga, gadget, dan sebagainya.

Modal yang perlu kamu siapkan untuk membuat online shop tidak besar. Banyak pula platform yang bisa dipilih untuk berjualan, bisa melalui media sosial, marketplace, ataupun membuat website sendiri. Kamu bisa mendesain sendiri toko online kamu. Namun jika tidak bisa, sudah banyak template gratis toko online. Sekalipun harus membeli, banyak juga template yang murah, yang harganya tidak sampai Rp 300 ribu. Tidak mau atau tidak bisa membuat toko online sendiri berbasis web pun tidak masalah, karena kamu bisa membuat toko online di marketplace.

Bagi yang bermodal minim dan tidak mau ribet, bisa memilih menjadi reseller atau dropshipper, dengan menawarkan barang-barang dari para supplier yang diajak bekerjasama. Dengan sistem ini, kamu menjual barang milik supplier tanpa harus menyediakan stok. Cara ini lebih praktis dan potensi kerugiannya sangat minim.

3. Menjadi Agen PPOB (Payment Point Online Bank)

Membayar berbagai tagihan sudah jadi kewajiban banyak orang setiap bulannya. Bayar tagihan listrik, air, iuran BPJS, internet, cicilan barang-barang, dan lain-lain. Seringkali mereka tidak sempat membayar sampai akhirnya terjadi keterlambatan pembayaran karena melewati tanggal jatuh tempo. Kalau sudah begini, tagihan jadi lebih besar karena harus membayar denda.

Mereka tidak punya waktu untuk pergi ke beberapa tempat yang berbeda untuk membayar semua tagihan tersebut, belum lagi jika harus mengantri. Dari kondisi tersebut, muncullah peluang bisnis di mana orang memberikan jasa sebagai perantara dalam pembayaran berbagai tagihan, yaitu dengan membuka usaha sebagai penyedia Payment Point Online Bank (PPOB), atau sering juga disebut kios pembayaran.

Melalui PPOB, berbagai kebutuhan seperti listrik, air, internet dan iuran BPJS bisa dibayarkan di satu tempat. PPOB menjadi solusi untuk orang-orang yang perlu bantuan untuk mempermudah pembayaran tagihan mereka.

Dengan kemudahan akses internet saat ini, semakin banyak orang yang menekuni bisnis ini yang bahkan bisa dilakukan dari rumah sendiri, asalkan punya perangkat yang lengkap dan jaringan internet yang stabil. Maka, menjadi agen PPOB bisa jadi suatu peluang usaha sampingan.

4. Berjualan Pulsa/Kuota Internet

Pulsa dan kuota internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat zaman sekarang karena meningkatnya penggunaan telepon seluler sebagai alat komunikasi yang dibutuhkan setiap orang. Memahami peluang tersebut, tentu usaha voucher pulsa dan paket data menjadi salah satu usaha sampingan yang menjanjikan.

Usaha ini bisa dijalankan tanpa mengganggu jam kerja utama. Menawarkannya juga sangat mudah. Sebagai permulaan, kamu bisa jual ke teman kerja di kantor, saudara dan orang-orang yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal. Kalau kamu tertarik untuk berbisnis pulsa, kamu bisa memilih pulsa elektrik. Salah satu keuntungan menjual voucher pulsa elektrik adalah penggunaannya yang efektif dan efisien.

Selain tidak berbentuk kartu yang perlu tempat, pulsa elektrik bisa langsung diaktifkan melalui ponsel kamu sehingga relatif tidak merepotkan. Dengan bermodalkan smartphone, kamu bisa transaksi pulsa dan kuota pakai aplikasi yang tersedia. Modal yang perlu disediakan juga tidak banyak, hanya sekitar Rp 3 juta saja.

5. Menjadi Agen Asuransi

Usaha sampingan lainnya yang tidak memerlukan modal adalah dengan menjadi agen asuransi. Berbekal wawasan mengenai asuransi dan juga kemampuan menjual, kamu bisa mencari peluang ke perusahaan asuransi agar bisa menjadi agen mereka.

Usaha ini tepat untuk digeluti sebagai usaha sampingan karyawan karena tidak mengikat, modalnya kecil, tapi juga memberikan penghasilan berkelanjutan. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan di waktu senggang ketika bekerja ataupun setelah bekerja. Terdapat banyak pilihan asuransi yang bisa kamu tekuni mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa hingga asuransi mobil.

Untuk asuransi kesehatan misalnya, pengguna asuransi di luar skema BPJS Kesehatan di Indonesia terbilang masih sedikit. Ini menjadi peluang yang bisa kamu manfaatkan guna meraih banyak nasabah baru.

6. Menjadi Broker atau Pialang Properti

Berjualan properti (sebagai seorang perantara atau broker) bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan, karena harga barang yang dijual tidak main-main, ratusan juta hingga milyaran. Untuk menjadi makelar properti, tentu saja kamu harus bekerja sama dulu dengan pihak pemasaran properti tersebut sehingga kamu tahu batas profit atau bonus yang akan kamu dapatkan misalkan kamu berhasil menjual satu unit atau lebih.

Usaha sampingan ini sebenarnya tidak memerlukan modal dalam bentuk uang. Modal yang kamu perlukan hanya kepercayaan dari pemilik properti dan calon pembeli properti. Dibutuhkan sedikit ilmu marketing dan seluk beluk properti yang dijual agar kamu bisa menawarkannya dengan baik. Sebagai permulaan, kamu bisa menawarkan properti tersebut kepada teman-teman kerja di kantor.

7. Menjalankan Bisnis MLM

Menjalankan bisnis Multi Level Marketing (MLM) bisa menjadi usaha sampingan yang mendatangkan keuntungan. Di tengah banyaknya stigma negatif masyarakat mengenai konsep bisnis yang satu ini, nyatanya banyak kok perusahaan MLM yang terpercaya dengan produk yang bagus dan disukai masyarakat. Jenis produk yang paling banyak dijual adalah produk kesehatan dan kecantikan. Skema bisnis yang diterapkan berbeda-beda untuk tiap perusahaan. Harga produk, benefit yang ditawarkan, serta jumlah keuntungannya pun beragam.

Usaha ini bisa menghasilkan pendapatan tambahan, termasuk buat orang-orang yang bekerja sebagai karyawan. Tanpa perlu mengganggu pekerjaan utama, kamu bisa jual produk-produk MLM ke teman kantormu. Kamu juga bisa buka bisnis MLM di rumah dengan menawarkannya kepada tetanggamu.

8. Usaha Franchise Snack / Minuman Kekinian

Banyak orang memiliki keinginan untuk merintis suatu bisnis, namun masih ragu karena terkendala berbagai hal, misalnya bingung dengan hal-hal yang berkaitan dengan operasional suatu usaha. Jika demikian halnya, maka bisnis yang cocok adalah bisnis waralaba atau franchise yang memberikan kemudahan bagi seseorang untuk menjalankannya. Pembeli franchise tinggal menjalankan bisnisnya saja, karena konsepnya sudah ditetapkan oleh pemilik franchise.

Menjalankan usaha dengan konsep ini bisa menjadi usaha sampingan. Saat ini telah banyak bermunculan usaha waralaba lokal yang membutuhkan modal kecil, bahkan ada yang tidak sampai Rp 10 juta. Kamu bisa memilih untuk menjual produk makanan atau minuman. Untuk makanan, yang umumnya ditawarkan adalah ayam goreng crispy, burger, kebab, dan snack lainnya. Franchise minuman pun banyak, termasuk minuman kekinian, seperti boba, thai tea dan sebagainya.

Kamu bisa menjalankan bisnis ini sebagai sampingan dengan cara merekrut pegawai yang bisa dipercaya untuk mengelolanya. Kamu bisa memanfaatkan area di depan tempat tinggal kamu, ataupun menyewa tempat untuk berjualan dengan booth di tempat yang strategis. Bergabunglah dengan platform jasa antar makanan agar produk kamu bisa diketahui lebih luas oleh masyarakat.

9. Mengelola Blog

Menjadi blogger atau mengelola suatu blog bisa kamu jadikan sebagai usaha sampingan untuk menghasilkan uang tambahan. Blogger biasanya melakukan aktivitas blogging menulis hal-hal yang disukai, membuat panduan tentang banyak hal yang ingin diketahui oleh masyarakat, membuat review suatu produk, atau sekadar berita terkini.

Tema dari tulisan itu bisa bermacam-macam, antara lain tentang gaya hidup, kecantikan, resep masakan, dan lain-lain, tergantung minat kamu. Intinya, buatlah konten yang berkualitas agar menjaring banyak pengunjung.

Blogger tidak hanya bisa mendapatkan penghasilan dari Google Adsense, karena banyak penyedia periklanan lain yang siap mendukung blogger untuk mendapatkan penghasilan yang tak terbatas. Kamu hanya perlu menampilkan website sebaik mungkin agar menarik untuk dibaca dan mempertahankan kualitas sehingga dapat meningkatkan traffic blog setiap harinya.

Modal untuk membuat blog juga sangat murah, dan sudah banyak pula penyedia jasa pembuatan website. Kamu bisa membayar sekitar Rp 1 juta dalam setahun untuk membeli domain dan hosting lokal, dan menulis blog kamu sendiri. Selain membeli domain dan hosting, kamu juga bisa membuat blog di platform gratis seperti Blogspot.com.

Agar tulisan blog kamu semakin bagus, kamu bisa masuk ke berbagai komunikasi khusus blogger. Selain tambah ilmu, kamu juga bisa memperluas jaringan sesama blogger, belajar bagaimana membuat blog kamu semakin dikenal oleh banyak orang, bahkan bisa membuat kamu berpotensi mendapatkan peluang kerja menjadi penulis lepas untuk suatu brand tertentu.

10. Menjual Barang Preloved dan Buka Jasa Titip

Usaha sampingan yang satu ini mudah dijalankan. Jika kamu mempunyai barang-barang yang tidak lagi kamu gunakan di rumah, bisa jadi berguna buat orang lain yang sedang membutuhkan barang serupa. Mungkin budget mereka terbatas, atau mereka tidak ingin membeli yang baru karena harganya terlalu mahal, sehingga mencari barang second atau preloved, yaitu barang bekas dengan kondisi yang masih bagus dan layak pakai.

Kamu bisa menjual barang-barang semacam ini di berbagai forum online di media sosial, ataupun di marketplace. Ada juga aplikasi dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk menawarkan barang-barang preloved tersebut, misalnya Carousell, dan sebagainya. Kalau ingin menghasilkan uang dari usaha ini, kamu tidak perlu modal cash.

Kumpulkan saja barang-barang yang akan dijual, bersihkan atau cuci jika perlu, kemudian kamu bisa memotretnya dengan hasil foto yang baik, kemudian mengunggahnya untuk ditawarkan secara online. Kamu harus menjamin bahwa kualitas barang yang dijual itu masih bagus.

Selain menjual barang bekas pakai yang masih bagus kondisinya, kamu juga bisa membuka jasa membeli barang titipan (jastip), yaitu usaha yang menawarkan jasa kepada orang lain untuk dibelikan suatu produk yang tidak mudah didapat, misalkan karena barang tersebut tidak dijual di Indonesia, maupun hanya dijual di tempat tertentu selama ada event tertentu saja.

Buat kamu yang hobi belanja dan jalan-jalan, kegiatan ini bisa jadi menyenangkan. Selain menyalurkan hobi, kamu bisa menjadikan ini sebagai bisnis modal kecil, namun dengan keuntungan yang cukup besar. Atau, bagi kamu yang memiliki kartu kredit atau akun PayPal, kamu bisa menawarkan jastip pembelian barang-barang dari situs asal negara lain dengan memasang tarif jasa pembelian sebesar 5-15 persen dari harga barang.

Banyak orang yang tertarik membeli barang di marketplace ataupun toko online di luar negeri, seperti Amazon, eBay, IndieGogo, dan sebagainya. Namun, umumnya niatan membeli terpaksa batal karena calon pembeli tak memiliki kartu kredit ataupun akun PayPal.

Bisnis jasa ini hampir mirip seperti menjadi personal shopper. Bedanya, calon pembeli sudah memberikan link barang yang mereka inginkan, sehingga tugasmu hanya membantu proses pembeliannya. Selain keuntungan berupa uang, kamu juga bisa mendapatkan point reward dari pembelanjaan yang dilakukan menggunakan kartu kredit.

Belakangan, bisnis ini pun berkembang tidak hanya untuk mereka yang di luar negeri saja, tetapi bisa juga dimanfaatkan oleh orang yang pandai memanfaatkan peluang. Misalkan di Jakarta, toko X yang menjual berbagai produk fashion atau kosmetik merk terfavorit sedang diskon besar-besaran. Seseorang yang berada di Jakarta akan membuka jastip dengan menawarkannya di forum online beranggotakan orang-orang yang tinggal di daerah lain yang jauh dari Jakarta. Jastip juga biasanya dimanfaatkan sebagai cara mendapatkan keuntungan melalui suatu event besar. Usaha sampingan yang menguntungkan, bukan?

[appbox googleplay com.beecash.app]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website

Keep Reading: Related Posts

Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga
Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga
Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga Tidak hanya mengurus keluarga, ibu rumah tangga juga bisa memanfaatkan waktu luangnya dengan menjalankan bisnis yang cocok, yang disesuaikan dengan kondisi, skill, serta...
10 Peluang Pekerjaan Sampingan Dikerjakan Malam Hari
10 Peluang Pekerjaan Sampingan Dikerjakan Malam Hari
10 Peluang Pekerjaan Sampingan Dikerjakan Malam Hari Banyak orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap, namun ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan setelah jam kerja...

Ikuti terus cerita, ide, berita, dan update dari kami