Top Up Saldo Flazz di BCA Mobile

BukuKas – Saat ini penggunaan e-money atau uang elektronik telah menjadi penting dan banyak dibutuhkan setiap hari. Bank BCA saat ini telah menyediakan layanan berupa kartu Flazz yang bisa digunakan sebagai e-Money. Lalu bagaimana sih cara top up Saldo Flazz? Untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan kartu Flazz BCA bisa ikuti petunjuk top up yang akan kami bagikan di bawah ini!

Bagi kamu yang sudah mencoba isi ulang saldo Flazz melalui M-Banking BCA, mungkin ada yang mengalami kendala dimana saat kartu Flazz ditapping ke NFC HP, ketika sudah memilih opsi Top Up Flazz, namun tidak menemukan tombol “Top Up”. Sehingga kamu hanya bisa mengecek dan tidak dapat mengisi saldo Flazz tersebut. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Silahkan simak nanti penjelasannya di bagian Perbedaan Kartu Flazz Gen 1 dan Gen 2.

Baca Juga: Cara Top Up Saldo DANA via BCA

Tentang Kartu Flazz BCA

Kartu Flazz adalah produk uang elektronik (e-money) yang dimiliki oleh Bank BCA, kartu e-money ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran non-tunai. Kartu Flazz menggunakan teknologi Chip dan RFID (Radio Frequency Identification). Sehingga kartu ini membuat kita jadi lebih mudah dan cepat dalam melakukan pembayaran non-tunai.

Kita bisa menggunakan kartu Flazz ini untuk melakukan transaksi seperti belanja, membayar parkir, bayar tol, bayar transportasi umum dan transaksi pembayaran non tunai lainnya. Penggunaan kartu Flazz ini sangat mudah, cukup tap kartu di mesin pembayaran maka proses pembayaran langsung masuk.

Tetapi sebelum menggunakan kartu Flazz kita harus melakukan top up dana ke kartu tersebut terlebih dahulu. Karena kartu Flazz ini merupakan produk baru, maka tidak heran jika banyak orang masih belum mengetahui tentang cara top up Saldo Flazz.

Baca Juga: Cara Buat Kartu Kredit di Blu by BCA

Perbedaan Kartu Flazz Gen 1 dan Gen 2

Mungkin Anda ada yang belum pernah tahu mengenai informasi ini. FYI guys, kartu Flazz itu ada generasinya ya. Kartu yang yang dicetak setelah tahun 2020 termasuk dalam Flazz Gen 2, sementara cetakan di bawah tahun tersebut termasuk Flazz Gen 1.

Selain dari tahunnya, yang membedakan dua generasi kartu Flazz ini yaitu ada tidaknya chip NFC dan RFID yang tertanam di dalamnya. Di dalam Flazz Gen 2, NFC dan RFID sudah dimasukkan di dalam kartu sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan cek saldo maupun top up saldo langsung melalui ponsel Anda. Hal ini tidak terdapat di Flazz Gen 1.

Kemudian perbedaan ketiga yang paling mencolok yaitu terletak pada logonya. Jika Anda perhatikan, logo Flazz Gen 2 terdapat logo Wifi di pojok kanan atas tulisan “Flazz”, yang mana logo ini tidak ada pada Flazz Gen 1.

Cara Top Up / Isi Saldo Flazz Langsung dari HP

Jika kamu baru pertama kali menggunakan kartu Flazz atau saldo Flazz habis, maka kamu bisa ikuti panduan cara top up Saldo Flazz berikut :

1. Cara Top Up Saldo Flazz di BCA Mobile

Untuk kamu yang sudah memiliki kartu Flazz dengan logo baru, maka kamu bisa melakukan Top Up Saldo Flazz di BCA Mobile menggunakan hp Android atau iOS.

Tetapi catatan lain selain kamu harus menggunakan kartu Flazz dengan logo baru. Saat ingin melakukan top up saldo Flash di BCA Mobile, pastikan juga bahwa hp kamu sudah support fitur NFC (Near Field Communication). Untuk spesifikasi minimal iOS yang sudah support fitur ini adalah iOS 13 atau iPhone 8.

Pastikan juga saat mengggunakan fitur ini, aplikasi BCA Mobile sudah menggunakan versi terbaru. Dan kamu juga sudah mengaktifkan fitur Finansial di aplikasi BCA Mobile. Jika semua persyaratan tersebut telah terpenuhi, silahkan simak panduan cara top up Saldo Flazz di BCA mobile berikut :

1. Pertama kamu buka aplikasi BCA Mobile, pilih m-BCA, lanjut masukkan Kode Akses m-BCA.

2. Pilih menu Flazz, lalu tempelkan kartu Flazz pada bagian NFC di HP Kamu miliki.

3. Silahkan pilih Top Up Flazz, lalu pilih atau inputkan nominal top up saldo Flazz yang kamu inginkan.

4. Untuk menyelesaikan transaksi silahkan masukan PIN m-BCA dan tempelkan ulang kartu Flazz pada area NFC di HPmu.

Jika transaksi gagal, perlu diperhatikan saat melakukan top up flazz, pastikan kamu tidak geser kartu sebelum muncul notifikasi Top Up berhasil. Selain itu, saat top up saldo flazz di BCA Mobile, pastikan juga fitur NFC di hp sudah diaktifkan.

Selain kamu bisa menggunakan cara top up saldo Flazz di BCA Mobile diatas, masih ada beberapa metode top up flazz lainnya. Kamu bisa top up saldo Flazz di Kantor Cabang BCA, ATM BCA, aplikasi myBCA, mesin EDC yang ada di Afamart, Indomaret, dan merchant lainnya.

2. Cara Top Up Saldo Flazz via Aplikasi myBCA

Untuk kamu yang sudah mengaktifkan fitur finansial di aplikasi myBCA, kamu bisa juga melakukan top up flazz dengan langkah berikut :

  1. Buka aplikasi myBCA dan lakukan login dengan input username dan password.
  2. Jika sudah masuk ke akun MyBCA, pilih menu Flazz.
  3. Pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur NFC di HP, jika fitur NFC sudah ON lanjut tempelkan kartu Flazz ke area NFC yang ada di HP.
  4. Setelah informasi saldo ditampilkan, kamu pilih Top UP.
  5. Silahkan pilih Rekening Sumber Dana, lalu masukkan nominal top up yang dinginakan.
  6. Pilih Lanjut untuk melanjutkan pembayaran, lalu masukkan PIN MyBCA.
  7. Jika transaksi top up Flazz berhasil akan muncul detail transaksi berhasil.

Jika kamu belum mendaftarkan fitur finansial di aplikasi BCA Mobile atau myBCA, maka ada cara top up Flazz lainnya yang bisa dilakukan. Kamu bisa mendatangi ATM BCA terdekat untuk melakukan transaksi top up saldo Flazz dengan mudah.

3. Top Up Saldo Flazz melalui ATM BCA Terdekat

Seperti yang telah dijelaskan diatas, jika kamu belum mendaftarkan fitur finansial di aplikasi BCA Mobile atau myBCA. Maka kamu tidak akan bisa melakukan transaksi top up Flazz. Karena itu, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan top up saldo Flazz di ATM BCA terdekat dengan langkah berikut :

  1. Kamu masukkan kartu BCA ke mesin ATM BCA, lanjut tekan PIN ATM dengan benar.
  2. Pilih menu Flazz yang tampil di layar ATM, lalu pilih menu Top UP Flazz.
  3. Inputkan nominal top up saldo Flazz yang diinginkan dengan minimal top up Rp 20 ribu.
  4. Untuk melanjutkan proses top up Flazz tekan tombol Benar.
  5. Tarik kartu ATM, lalu masukkan kartu Flazz, maka akan muncul sisa saldo dan nominal top up.
  6. Lanjut lagi dengan tekan tombol Benar, tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan transaksi berhasil.

Jika transaksi berhasil mesin atm akan mengeluarkan struk bukti top up dan terakhir tinggal ambil kartu Flazz dari mesin ATM.

Akhir Kata

Jika kamu telah menerapkan cara top up Saldo Flazz di BCA Mobile, aplikasi myBCA dan ATM BCA tetapi tidak berhasil. Atau kamu memiliki masalah tombol top up tidak muncul, maka kamu bisa melakukan top up Flazz langsung ke Bank BCA terdekat, atau ke minimarket seperti Indomaret atau Alfamart.

Bagikan ke:

Reyhan Kusuma, mahasiswa terbaik bidang perbankan, tidak hanya cemerlang di bidang akademik, tetapi juga aktif dalam dunia digital. Dia mengelola blog keuangan yang populer di kalangan mahasiswa, di mana dia berbagi pengetahuan dan wawasannya tentang perbankan dengan gaya yang mudah dipahami. Kemampuannya dalam menggabungkan pengetahuan teoretis dengan aplikasi praktis membuatnya menjadi panutan bagi banyak mahasiswa yang ingin belajar tentang keuangan.

Tinggalkan komentar